Selasa, 05 Juli 2011

Perjalanan 2PM dan Awal 2PM sebagai Boyband Korea (1)

Pra-Debut
            Produser Asia legendaris, J.Y.P.  Mendambakan idola masa depan, bukan artis pop tunggal seperti Rain, bukan juga group idola wanita seperti wonder girl, tapi adalah sebuah boy band, 2PM
            Jauh sebelum debut mereka, sudah beredar rumor bahwa JYP telah diam-diam memilih tujuh peserta paling berbakat, dan mempersiapkan mereka untuk membuat ledakan sebagai bintang idola generasi berikutnya. Pemuda hebat yang ia pilih lebih powefull, memiliki gairah dan juga skill yang bisa dibangun, dimana setiap anggota memiliki spesialisasi mereka sendiri yang unik dan potensi yang kuat.
            Semua anggota 2PM berasal dari audisi (kecuali Nichkhun, yang dibina) untuk  menjadi bagian dari JYP Entertainment. Audisi juga dilakukan di luar korea, misal, Park Jaebeom audisi di Amerika Serikat. Beberapa anggota lain juga sudah memiliki pengalaman dalam industri hiburan sebelum penerimaan mereka ke JYP Entertainment, seperti Kim JunSu, yang telah memenangkan berbagai kompetisi menyanyi ; Taecyeon , Lee Junho, Hwang Chansung, merupakan peserta, "Survival Superstar"; sedangkan  Jang Wooyoung, merupakan juara dari  Audition Dance 2007 JYP di Busan.
            Hari-hari pelatihan 2PM dan 2AM di J.Y.P telah di filmkan dalam film documenter berjudul “Hot Blood” yang ditayangkan di Mnet. Film ini mendokumentasikan hari-hari pelatihan 2PM dan 2AM yang pada saat ini melebur menjadi satu dengan group bernama “one day”

2008 & 2009:
Debut dan keberhasilan awal

            Debut  pertama 2PM dengan single  "10 Points Out Of 10 Points"  pada 4 september 2008. Pada 17 Oktober  2008, mereka mulai mempromosikan  "Only You", lagu lain dari mini album mereka, "Hottest Time of the Day".
            Pada tanggal 16 April 2009, kelompok ini merilis mini album keduanya, "2:00PM Time For Change ", yang mulai mereka promosikan pada tanggal 23 April. Pada tanggal 9 Mei 2009, mereka memenangkan penghargaan pertama mereka di M! Countdown, dalam minggu yang sama, mereka memenangkan penghargaan kedua mereka di SBS Inkigayo. Kelompok ini memperoleh pernghargaan ketiga mereka minggu berikutnya.
            Pada tanggal 11 Juni 2009, 14:00 mulai promosi untuk "I Hate You" di M! Countdown. Pada tanggal 2 dan 3, 2PM  mencapai tempat pertama pada M! Countdown dan grafik Music Bank untuk lagu "I Hate You". Mereka mencapai mahkota triple untuk lagu di M! Countdown pada bulan Juli 16. Pada 30 Juli 2PM  memenangkan satu-satunya  penghargaan di M! Countdown.

September 2009: Kontroversi dan bangkit untuk menonjol

            Pada tanggal 4 September 2009, muncul artikel di internet tentang posting Jaebeom dari 2005 account pribadi Myspace-nya, di mana ia mengungkapkan ketidaksukaannya kepada Korea pada saat training. Jaebeom mengeluarkan permintaan maaf mengenai hal ini. Kemudian, ia mengumumkan pada fancafe resminya bahwa ia akan meninggalkan kelompok dan kembali ke Amerika Serikat, dengan rencana akan kembali ke sekolah dan memperbaiki pemahaman tentang musik, dan juga meminta maaf kepada anggota lainnya karena tidak menjadi kakak serta senior yang baik di 2PM. Park Jin Young menegaskan bahwa ia akan menghormati keputusan Jaebeom, dan 2PM  akan tetap  melanjutkan kiprahnya sebagai kelompok beranggota enam orang.

Akhir 2009

            2PM menyelesaikan video klip mereka"Heartbeat", judul lagu pada album panjang pertama mereka tanpa Jaebeom pada tanggal 31 Oktober 2009. Selama konferensi pers, terungkap bahwa vokal Jaebeom tidak akan dihapus dari lagu. Sehari setelahnya album panjang mereka diorbitkan dengan hanya beranggotakan enam orang, Park Jin Young merilis sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa Jaebeom akan kembali sebagai anggota 2PM, jika jaebeom kembali ia akan meliris album “Come Back” . Support untuk kembalinya Jaebeom juga dating dari anggota 2PM lainya, mereka memutuskan untuk membagi pendapatan dari album pertama mereka dengannya, dengan  jumlah dibagi sama rata.
           
Album panjang pertama mereka berjudul, "01:59", dirilis pada tanggal 10 November 2009. Baik album dan judul lagu, "Heartbeat", cepat naik ke posisi #1 di chart musik. Kelompok ini mulai kembali naik pentas, menandakan awal dari kegiatan promosi album mereka di
M.Net's "O Good Concert"  pada tanggal 12 November 2009, performance 2PM dilanjutkan dalam  KBS Musik Bank, MBC Music Core, dan Inkigayo SBS comebacks pada November 13, tanggal 14 November dan 15 November.
           
Pada tanggal 20 November 2009, 2PM  mendapatkan penghargaan M.net Asia Music Awards (sebelumnya dikenal sebagai KM Music Festival M.net alias MKMF): penghargaan untuk Best Male Grup dan Artist of the Year (yang terakhir menjadi salah satu dari tiga penghargaan paling bergengsi, atau Daesang,). Kelompok ini memberi penghormatan kepada Jaebeom selama performance nya dalam "Again & Again", di mana lampu sorot ditunjukkan posisi Jaebeom dalam pembentukan tari dan vokal tidak tergantikan
           
Pada tanggal 26 November 2009, setelah dua minggu kegiatan promosi untuk album "1:59", 2PM  mendapatkan pertama mereka chart 1 pada acara musik TV (KBS Music Bank "K-Chart") sejak rilis album, dengan "Heartbeat ", yang kemudian tetap bertahan selama tiga minggu. Selain itu, "Heartbeat" mencapai penghargaan Double Crown di SBS Inkigayo dengan menjadi # 1 lagu di Inkigayo. Pada tanggal 30 Desember 2009, di Korea Broadcasting System (KBS) 's akhir Music Festival tahun, "Again & Again" diakui sebagai Song of the Year, menang dengan 57.060 suara.
            Pada akhir 2009 2PM mengeluarkan single kedua dari album "1:59" , "Tired of  Waiting". Lagu itu tampil live untuk pertama kalinya di Festival Musik SBS pada tanggal 29 Desember 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar