Jumat, 23 Desember 2011

Artis yang Keluar dari SM Entertaintment

SM Entertainment boleh dibilang agency artis terbesar di korea, didirikan oleh Lee Soo Man pada tahun 1995. Artis-artis atau group band debutan SM telah merajai musik korea dari tahun 1996, mulai dari S.E.S, Shinwa, hingga musik era saat ini seperti Super Junior, SNSD, Shine, etc. Kontroversi dengan Artisnya pun sering didapat SM Entertainment, dari era musik Shinwa hingga Super Junior, banyak artis yang keluar dari SM dan mengajukan gugatan. Berikut ini daftar artis-artis yang keluar dari SM Entertainmet.

     Kasus Han Geng dengan cukup ramai dibicarakan, Han Geng Keluar dari SM dengan alasan soal kontrak yang tidak adil dan sangat lama, yakni 13 tahun terhitung sejak Suju debut. Selain itu juga soal kekerasan yang dilakukan SM. 
     Keluarnya JYJ dari SM adalah kasus paling heboh, pasalnya mereka keluar bersamaan meninggalkan dua member DBSK yang tersisa. Alasan mereka keluar adalah perhitungan honor yang tidak masuk akal atau tidak sesuai. Pada saat itu DBSK adalah "Raja Musik" korea, dan sangat terkenal di dunia. Namun, mereka merasa jerih payahnya tidak dibayar sesuai oleh SM.
     Kasus shinwa terjadi setelah kontrak dengan SM habis, setelah kontrak habis, SM hanya ingin memperpanjang kontrak dengan beberapa anggota Shinwa saja, namun mereka bertekad untuk selalu bersama, sehingga menolak kontrak dengan SM dan mencari agency lain. SM tidak terima jika mereka berada di agency lain dengan tetap memakai nama Shinwa. Akhirnya pengadilan memenangkan Shinwa, mereka tetap boleh memakai nama tersebut :).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar